PKBM Mitra Insan Cendekia berdiri sejak tahun 2014. Berdirinya PKBM Mitra Insan Cendekia didorong atas kebutuhan dan keinginan masyarakat terutama bagi yang belum tuntas menyelesaikan pendidikan wajib 12 tahun atau bahkan ada yang belum sama sekali mendapatkan pendidikan wajib belajar SD, SMP dan SMA dengan kualitas yang unggul dan berkualitas. PKBM Mitra Insan Cendekia tidak hanya menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan Ijazah di usia yang sudah tidak produktif, namun juga menjadi alternatif Satuan Pendidikan bagi mereka yang berusia produktif, namun ingin lebih banyak mempelajari dan mendalami kegiatan atau pun pelajaran yang sesuai dengan minat bakat dan hobi mereka sehingga dapat mengoptimalkannya menjadi prestasi yang bernilai tinggi.
PKBM Mitra Insan Cendekia menjadi pilihan banyak warga belajar tidak hanya di Jakarta tapi juga di seluruh Indonesia, karena memiliki fasilitas yang memadahi untuk berkontribusi dalam pendidikan dan merata hingga ke seluruh Indonesia. Kegiatan akademik yang menyenangkan dan dapat diakses di mana saja dan kapan saja serta diberikan modul pembelajaran secara gratis dengan berbagai judul dan tema sesuai dengan mata pelajaran wajib yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan.
Pada Tahun 2020, PKBM Mitra Insan Cendekia menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) atas inisiatip sendiri. Dengan pelaksnaaan mandiri KBK di sekolah, pimpinan dan guru berupaya melaksanakan model pebelajaran yang kreatif, aktif, dan memaksimalkan pemberdayaan siswa dalam aktifitas pembelajaran.
Pimpinan PKBM Mitra Insan Cendekia terus berganti dan berinovasi mulai tahun 2014, yaitu:
1. Kurrotu Aini, S.Psi.
2. Ilham Setyo Prayogo, S.Pd.
3. Sjamsul Harun, S.E.
PKBM Mitra Insan Cendekia sudah terakreditasi sejak tahun 2020 dengan predikat yang cukup baik. Namun demikian, PKBM Mitra Insan Cendekia terus berbenah dan berinovasi untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik lagi dan unggulan.
Mulai tahun 2022 PKBM Mitra Insan Cendekia menerapkan Sistem Kredit Kompetensi (SKK) dengan sistem belajar mandiri Tutorial berbasis digital dan dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja.