You are currently viewing IKUTI 4 TIPS TERHINDAR DARI PINJOL ILLEGAL
Account Assets Audit Bank Bookkeeping Finance Concept

1. Hindari iklan ajakan yang mencolok

Tips terhindar pinjol yang pertama kamu harus berhati-hati dengan iklan ajakan. Biasanya para pinjol ilegal ini akan memberikan iklan melalui sms atau iklan-iklan spam yang berada saat kamu membuka situs web. Saat kamu mendapatkan iklan tersebut, jangan sampai tergiur untuk bergabung menggunakan jasa mereka. Lebih baik, saat kamu menerima pesan dari pinjol ilegal segera melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

2. Tips terhindar pinjol dengan cek perusahaan pinjol di situs resmi OJK.go.id

Sebelum ingin meminjam pinjaman online, kamu dapat mengeceknya terlebih dahulu lho. Untuk berjaga-jaga apakah pinjaman online yang ingin kamu gunakan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Jangan cepat percaya hanya karena di aplikasi pinjol tersebut terdapat logo OJK, karena bisa saja logo tersebut ternyata palsu. Lebih baik dicek kebenarannya terlebih dahulu melalui situs resmi OJK.

3. Memastikan legalitas dan rekam jejak digital

Tips terhindar pinjol selanjutnya, kamu dapat memastikan legalitas dan rekam jejak digital. Bagaimana caranya? Kamu dapat mengeceknya melalui internet. Kamu dapat mencari untuk memastikan alamat kantor serta pengurus yang jelas. Kemudian, kamu juga dapat melihat ulasan-ulasan yang diberikan oleh customer.

4. Hindari peminjaman dengan jumlah besar

Saat ingin meminjam pinjaman online, hindari peminjaman dengan jumlah yang besar. Karena saat kamu meminjam dengan jumlah besar, tentu saja akan dikenakan biaya bunga yang juga sangat besar. Bukannya mengurangi masalah finansial, tetapi justru akan semakin menambah masalah keuanganmu.