You are currently viewing Apa itu PKBM ???

DEFINISI DARI PKBM

PKBM (Pusat /Kegiatan Belajar Masyarakat) , Adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan dan juga menjadi wadah untuk berbagai aktivitas pembelajaran bagi masyarakat yang bertujuan untuk pemberdayaan potensi dari setiap individu agar menadi roda penggerak dalam bidang ekonomi, sosial, dan juga budaya, PKBM ini masih berada dibawah pengawasan dan bimbingan langsung dari Dinas Pendidikan Nasional.

BEBERAPA PROGRAN DI PKBM

  1. Pendidikan Kesetaraan (PAKET A,B, dan C)
  2. Pelatihan keterampilan dan Kursus
  3. Seminar Parenting
  4. Kewirausahaan / Enterpreneurship

KEUNTUNGAN BELAJAR DI PKBM

  • Biaya dan Waktu yang Sangat Fleksibel

Dalam ilmu ekonomi kita akan memahami bahwa waktu dan uang merupakan salah satu sumberdaya yang sifatnya terbatas, Oleh karena itu PKBM hadir dalam masyarakat untuk mangatasi keterbatasan tersebut dengan biaya yang jah lebih murah serta dengan waktu belajar yang lebih efektif serta fleksibel. Sehingga anda dapat melakukan aktivitas lain dluar sekolah seperti bekerja atau melatih keterampilan kerja sehingga saat lulus nanti alumni PKBM Mitra Insan Cendekia lebih mempunyai daya saing lebih.

  • Mempelajari Life Skill (Pelatihan Kerja)

Didalam realita kerja kita harus memiliki bekal skill yang mendukung yang nantinya sangat bermanfaat meningkatkan nilai jual diri kita dimata pekerjaan yang sedang dijalani atau bahkan meningkatkan dan melancarkan bisnis yang teman teman bangun, Sebagaimana kita tau di era industri 4.0 seperti sekarang bermodalkan ijazah tidaklah cukup sebagai modal mencari pekerjaan.

  • Ijazah/Sertifikat yang Diakui Negara

Terkait dalam masalah legalitas di PKBM Mitra Insan Cendekia merupakan lembaga pendidikan non formal dan telah diakui negara dan terdaftar di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan NPSN : P9934803

  • Sistem Pendidikan Terkustomisasi

Di PKBM Mitra Insan Cendekia kamu bisa belajar apa yang kamu mau, berbeda dengan sekolah formal dimana semua harus kamu pelajari, Selain itu jam belajar di PKBM jauh lebih feksibel, Sehingga akan sangat memungkinkan bagi kalian untuk mempelajari keahlian diluar sekolah atau bahkan sambil bekerja. Selain menuntut ilmu , PKBM adalah wadah untuk melatih keterampilan dan kompetensi kerja, Setiap PKBM memiliki program pelatihan kerja yang spesifik.

  • Lebih Mudah Mengembangkan Potensi

Katakanlah kalian adalah seorang streamer, fotografer, atau content creator, Jika disekolah lain kalian pasti akan dituntut untuk fokus mempelajari ilmu seperti sains dan matematika. Sementara di PKBM Mitra Insan Cendekia kalian dapat memilih fokus pelajaran yang menjadi kesukaan kalian dan bebas berkonsultasi mengenai pengmebangan potensi kalian.
Jika kalian belum mengetahui dimana potensi dan bakat kalian, PKBM Mitra Insan Cendekia juga menyediakan tes potensi diri melalui sidik jari dengan metode STIFIN dengan biaya yang cukup terjangkau.